Moral dan Etika

A. Aturan Hak Cipta Perangkat Lunak.

Hak cipta merupakan kekayaan pribadi yang didapat dari sebuah usaha yang dilakukan dan dipatenkan dan diakui oleh Dunia International. Hak cipta adalah hak eksekutif bagi setiap pencipta suatu produk. Untuk itu, di Indonesia di sahkan UU mengenai hak cipta No 19 Tahun 2002. Dengan adanya UU hak cipta, seseorang yang akan mempernanyak karya seseorang harus meminta izin terlebih dahulu kepada si Pemegang hak cipta.

B. Dampak Pelanggaran Hak Cipta

Dampak dari pelanggaran hak cipta adalah berupa denda-denda uang tunai, dan bisa juga mendapat kurungan penjara. Jumlah yang harus dibayar berkisar antara 1 juta rupiah sampai 5 milyar rupiah atau kurungan sekitar 1 bulan sampai 7 tahun penjara. Pelanggaran atas hak cipta seseorang akan dikenakan sanksi hukum yang sesuai degan pasal 72 Undang-undang Hak Cipta No 19 Tahun 2002. Pelanggaran terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

C. Pelanggaran Hak Cipta

Harga jual Cd software bajakan berkisar antara 10-20 ribu rupiah, sedangkan harga untuk Cd software yang asli berkisar antara 500 ribu rupiah samapai 2 juta rupiah. Karena itu, para pemakai komputer kebanyakan sekarang memakai software yang bajakan atau tidak original karena harganya lebih terjangau dan lebih mudah didapatkan. Karena itulah sekarang banyak diadakan razia untuk mengurangi jumlah penyebaran CD bajakan yang beredar di masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: